rasa di dada

rasa di dada
chelistyo

imajinasimu

Selasa, 30 Oktober 2012

Gerakan Peduli Lokananta Lewat Tagar #SahabatLokananta






Studio rekaman pertama dan terbesar di Indonesia, Lokananta, telah mencapai usianya yang ke-56 hari ini (Senin, 29 Oktober 2012). Selain sebagai studio rekaman, Lokananta merupakan pusat artefak rekaman lagu/suara di Tanah Air. Seperti dikutip dari rollingstone.co.id, ruang penyimpanan di Lokananta penuh dengan ratusan rak besi yang menyimpan hampir 40.000 piringan hitam dan 5000 master rekaman dari berbagai genre. Pun berbagai rekaman pidato kenegaraan Presiden Soekarno.
Semua koleksi tersebut disimpan dalam ruangan yang tanpa pendingin udara (AC). Beberapa ruangan memang dilengkapi AC, namun hanya bisa digunakan dari pukul 08.00-16.00 WIB, karena tidak adanya budget listrik yang disediakan untuk menggunakan AC tersebut. Mirisnya, Lokananta yang bernaung di bawah BUMN ini tak diberi budget operasional lagi oleh negara (lihat artikel Studio Lokananta, Riwayatmu Kini).
Untuk menunjang biaya operasional dan gaji karyawan, Lokananta terpaksa berjualan kaset, CD, menyewakan studio rekaman, latihan dan lapangan futsal. Berangkat dari rasa kepedulian terhadap kondisi dan nasib para karyawan Lokananta, beberapa orang mencoba menggugah kesadaran dan simpati orang-orang akan pentingnya merawat dan melestarikan berbagai koleksi di studio ini dengan menggagas sebuah social movement bernama #SahabatLokananta. Sebelumnya, musisi Glenn Fredly telah hadir dengan gerakan #SaveLokananta.
Dengan kampanye yang disebarkan secara kolektif oleh berbagai komunitas dan personal melalui linimasa ini, diharapkan nantinya dapat membuat anak-anak muda semakin mengenal dan peduli akan pentingnya Lokananta. Tidak hanya di linimasa, gerakan peduli Lokananta ini juga terjadi di dunia nyata. Menurut rencana, malam ini di Borneo Beerhouse, Jeruk Purut, Jakarta Selatan, akan diadakan konser amal “Sahabat Lokananta” yang akan menampilkan The Upstairs, Endah N Rhesa, TOR, Gugun and the Blues Shelter, dan Karon N’ Roll, yang hasilnya akan disumbangkan untuk Lokananta. Sehari sebelumnya, acara yang hampir serupa juga diadakan di Studio Lokananta, Solo.

sumber; http://m.salingsilang.com/baca/gerakan-peduli-lokananta-lewat-tagar-sahabatlokananta-/?trk=sx_fr_hl_txt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer