rasa di dada

rasa di dada
chelistyo

imajinasimu

Kamis, 26 April 2012

Sang Maestro Gesang Akan Dijadikan Nama Jalan

Addthis

Pemerintah Kota Surakarta berencana mengabadikan nama Gesang Martohartono menjadi nama jalan. Hal itu sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa seniman keroncong tersebut. "Rencananya jalan di timur Museum Radya Pustaka di kawasan Sriwedari akan diganti jadi Jalan Gesang," jelas Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Jumat (21/5). Saat ini jalan yang dimaksud Hadi bernama Jalan Museum. Selain penggantian nama jalan, di sepanjang jalan tersebut akan ditata seperti kawasan Ngarsopuro, yaitu dijadikan ruang publik. Setelah ditata, kemudian dipergunakan untuk aktivitas keroncong.

"Dulu di kawasan itu banyak seniman keroncong yang beraktivitas, baik menyanyi atau yang lainnya," ujarnya. Upaya tersebut dikatakannya sebagai wujud nyata dalam mewujudkan cita-cita Gesang untuk kembali menghidupkan musik keroncong.
Dia juga berencana menggairahkan kembali aktivitas di Sanggar Gesang yang terletak di kompleks Taman Satwa Taru Jurug. "Namun semua rencana tersebut tergantung persetujuan Dewan," tukasnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Surakarta Supriyanto mengatakan mendukung rencana di atas. Menurutnya, sosok Gesang layak diabadikan jadi nama jalan karena jasanya sangat besar.

"Apa yang sudah dilakukan Gesang sangat membanggakan, tidak hanya bagi Surakarta, tapi untuk Indonesia," ucapnya. Dia meminta pemkot segera mengajukan usul resmi ke Dewan. Karena sudah ada persetujuan lisan, Supriyanto menjamin prosesnya tidak akan lama. "Proses administrasinya singkat."
Terkait Taman Gesang, dia mengatakan dalam peraturan daerah tentang pengelolaan Jurug yang sudah disahkan anggota Dewan, disebutkan bahwa grand desain pengelolaan jurug oleh investor atau pihak ketiga harus turut melestarikan apa yang sudah ada di dalamnya. "Termasuk Taman Gesang," ucapnya.
Karenanya, dia optimistis Taman Gesang nantinya akan lebih terpelihara dan bermanfaat bagi masyarakat. Sumber: pp tmpointeraktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer